Kursus Pelatih Sepak Bola Lisensi D Dari Pssi Di Kabupaten Bengkayang

October 7, 2023
Lapangan Kompi C Yonif 645/Gty Bengkayang @bengkayangkab.go.id

Disporapar Bengkayang menggelar kursus pelatih sepak bola untuk mendapatkan lisensi D yang dimulai pada 18 – 24 September 2023.

Latihan berpusat di Lapangan Kompi C Yonif 645/Gty Bengkayang selama 1 minggu penuh dengan menghadirkan tim penilai dari PSSI, yaitu Bapak Jefridin Anwar yang merupakan Direktur Teknik Asprov PSSI Kalbar dan Bapak John Arwandi yang merupakan pelatih Nasional.

Peserta Kursus Pelatih Sepak Bola Lisensi D kali ini diikuti sebanyak 22 orang, terdiri dari 20 orang yang berasal dari klub Kabupaten Bengkayang, 1 orang dari klub Kabupaten Sambas dan 1 orang berasal dari Kota Pontianak.

Sasaran kepesertaan memang difokuskan ke peserta untuk klub yang ada di Kabupaten Bengkayang karena kegiatan ini didukung penuh oleh Pemda Bengkayang untuk mencetak pelatih yang berkualitas serta dapat melatih bibit – bibit unggul sesuai dengan Misi ke-1 (satu) Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang, yaitu Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Sehat, Cerdas Dan Religius.

Pada saat proses pelatihan, tim Diskominfo Bengkayang berkesempatan mewawancarai Tim Penilai dari PSSI, John Arwandi menyampaikan beberapa kriteria untuk dapat lulus di kursus pelatihan lisensi D. “Penilaiannya itu jelas, pertama masalah kehadiran. 2 (dua) session saja tidak ikut maka mereka dianggap tidak memenuhi syarat lulus. Kedua seiring berjalannya waktu kita melihat kemampuan mereka. Yaitu wawasan sepak bola mereka dan wawasan kepelatihan mereka,” ujar mantan pelain klub nasional Semen Padang ini.

“Yang berikutnya tentu tidak terlepas dari attitude atau perilaku. Bagaimanapun juga seorang pelatih itu adalah rule of model yang akan menjadi contoh dari pada pemain,” tambahnya.

Selama proses kursus ini. Proses pelatihan berlangsung lancar dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Dari keseluruhan peserta yang berjumlah 22 orang dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan lisensi D pelatih sepak bola.

Acara penutupan Kursus Pelatih Sepak Bola Lisensi D dari PSSI di Kabupaten Bengkayang dilaksanakan pada 24/09/2023 malam di Aula Mess Atas Pemda Bengkayang. Wakil Bupati Bengkayang, Bapak Drs. H. Syamsul Rizal berkesempatan menyampaikan beberapa pesan untuk calon pelatih yang mengikuti pelatihan. “Kita ketahui bahwa segala sesuatu ini kita mulai dari belajar. Saat belajar kita juga bertanya. Mengapa saya mengatakan begitu karena pelatihan ini dalam rangka belajar. Untuk menambah kekurangannya kita bertanya.” Ucap Wakil Bupati Bengkayang.

“Kalian berada di Kecamatan, jadilah pelatih yang terbaik untuk Kecamatan saudara,” tutup Wakil Bupati Bengkayang.

Sebagai informasi, Lisensi D Nasional PSSI ini merupakan lisensi pelatih sepak bola paling dasar. PSSI biasanya mengggelar kursus melalui ASKOT, ASKAB ataupun ASPROV. Dengan memiliki Lisensi D sudah bisa secara legal melatih di SSB maupun tim junior tingkat kota dan provinsi. (Diskominfo Bengkayang/FM/IC/RT)

Sumber : (https://bengkayangkab.go.id/kursus-pelatih-sepak-bola-lisensi-d-dari-pssi-di-kabupaten-bengkayang/)